Liburan Seru IBM BLUEMIX

DIRAKIT yang didukung oleh HUMANIKA IST AKPRIND Yogyakarta menyelenggarakan sebuah event yang bertemakan “Liburan Seru IBM Bluemix” di ruang S1.02, Kampus I IST AKPRIND Yogyakarta. Ada dua pemateri yang menjelaskan tentang topik tersebut yaitu Tesya Nurintan dan Habibi Mustafa dari Bluemix Academy Reviewer.

Event ini hanya dapat diikuti oleh mahasiswa IST AKPRIND Yogyakarta dan topik yang dibahas adalah “Belajar Membangun Aplikasi Android dengan IBM Bluemix”. Pembuatan aplikasi android dengan IBM Bluemix menggunakan layanan Mobile UI Builder.

b
Apa itu IBM Bluemix ?
Bluemix adalah layanan cloud PaaS (Platform as a Services) dari IBM, yang menawarkan server virtual dan memungkinkan developer untuk membangun micro service dengan event model. Selain Mobile UI Builder, Bluemix menyediakan lebih dari 30 layanan dalam platformnya seperti mobile cloud, node js web started, dan Internet of Things Starter. Bluemix juga dapat berfungsi sebagai analitik, penyimpanan, keamanan data, dsb.

 

Apa saja yang dibahas dalam topik tersebut ?
Dalam event ini pemateri menjelaskan dua sesi. Di sesi pertama disampaikan oleh Tesya Nurintan menjelaskan apa saja yang akan dipelajari dalam event ini. Tesya menjelaskan bahwa ada 3 tugas yang harus dilakukan.

Apabila peserta dapat melakukannya dengan sukses sampai akhir maka dari pihak penyelenggara akan memberikan 200 Pts atau poin pada akun Dicoding peserta dan poin tersebut dapat ditukarkan dengan barang atau Rewards di website dicoding.com. Tugas yang harus dilakukan antara lain (1) mendaftar di Bluemix.net, (2) membuat dasar dari aplikasi Katalog baju, membuat aplikasi dengan Database dan membuat aplikasi dengan Database berbasis text dan (3) Final Project.

Di sesi kedua disampaikan oleh Habibi Mustafa mendapingi peserta dalam pembuatan Final Project berupa aplikasi Android sederhana dan menampilkan grafik jumlah orang menggunakan aplikasi tersebut.

20170130073021b801c6e3c06b37369deb17319c721d80

Sangat disayangkan banyak mahasiswa IST AKPRIND yang pulang ke kampung halaman, maka event ini hanya dihadiri oleh 15 orang peserta. Walau demikian mereka yang datang sangat antusias untuk belajar menggunakan IBM Bluemix.

e

c

(Preview Aplikasi Buku kita)                               (Preview Aplikasi Toko Baju)

Dari event tersebut peserta mendapatkan banyak pelajaran yaitu membuat aplikasi dengan mudah menggunakan IBM Bluemix dimana pembuatannya secara online, jadi komputer atau laptop tidak terbebani oleh software dalam pembuatan aplikasi andoid tersebut. Peserta juga dapat mengetahui berapa banyak orang yang telah menggunakan aplikasi kita.

Banyak manfaat yang dapat diperoleh dari event tersebut. Apabila kalian ingin mengetahui lebih lanjut tentang IBM Bluemix, silahkan kunjungi bluemix.net dan untuk mendownload tutorial dan informasi lainnya silahkan kunjungi dicoding.com. Peserta yang mengikuti event ini akan mendapatkan sertifikat dari dicoding.com.

Nantikan event selanjutnya dari kami 🙂

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Copyright © 2019 | Audioman by Catch Themes